Contoh Pendahuluan Makalah sosiologi

Berikut adalah pendahuluan Buat makalah ekonomi untuk memenuhi tugas sekolah ataupun kuliah dengan pendahuluan Membuat makalah komputer silahkan bebas untuk sobat download jangan lupa untuk di edit dan di baca untuk mengerti dan memahami isi dari cara bikin pendahuluan makalah sosiologi terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat
pendahuluan makalah sejarah pendahuluan makalah bahasa inggris pendahuluan makalah biologi pendahuluan makalah kewirausahaan pendahuluan makalah tik

Contoh Pendahuluan Makalah

Contoh Pendahuluan Makalah

Makalah terdiri dari banyak bagian-bagian penting yang tersusun dengn rapi hingga terbuat menjadi suatu karya yang diapresiasikan untuk dipresentasikan maupun guna memenuhi tugas para pelajar. Salah satu bagian makalah yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pada bagian Pendahuluan Makalah yang tentunya akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Berikut akan kami sediakan Contoh Pendahuluan Makalah yang sangat berguna bagi kalian semua bagi para pelajar dan anak kuliah. Contoh Pendahuluan Makalah harus disertai dengan syarat-syarat yang memenuhi sehingga Contoh Pendahuluan Makalah bisa tersusun rapi dan sempurna, serta Contoh Pendahuluan Makalah akan cocok untuk diberikan kepada pengajar (guru/dosen).

Kumpulan Contoh Pendahuluan Makalah

Berikut ini akan kami kumpulkan beberapa Contoh Pendahuluan Makalah yang tentunya akan sangat berguna bagi kamu semua. Jika kamu kesulitan untuk membuah Contoh Pendahuluan Makalah, maka dengan Contoh berikut semoga dapat memudahkan kita semua.

  • Contoh Pendahuluan Makalah NKRI 

BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Terbentuknya Indonesia tidak dapat dilepas pisahkan dari sejarah masa lampau. Demikian dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di dalamnya proses untuk mencapai kemerdekaan itu sendiri. Apabila ditinjau dari sudut hukum tata negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945 belum sempurna sebagai negara, mengingat saat itu Negara Kesatuan Republik Indonesia baru sebagian memiliki unsur konstitutif berdirinya negara. Untuk itu PPKI dalam sidangnya tanggal 18 Agustus 1945 telah melengkapi persyaratan berdirinya negara yaitu berupa pemerintah yang berdaulat dengan mengangkat Presiden dan Wakil Presiden, sehingga PPKI disebut sebagai pembentuk negara. Disamping itu, PPKI juga telah menetapkan UUD 1945, dasar negara dan tujuan negara.

Para pendiri bangsa sepakat memilih bentuk negara kesatuan karena bentuk negara kesatuan itu dipandang paling cocok bagi bangsa Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman, untuk mewujudkan paham negara integralistik (persatuan) yaitu negara hendak mengatasi segala paham individu atau golongan dan negara mengutamakan kepentingan umum.

Lalu Bagaimana proses pembangunan setelah Indonesia merdeka?
Sejak proklamasi kemerdekaan tahun 1945 sampai dengan tahun 1965, bangsa Indonesia mengalami gelombang pertentangan politik dan rentetan pergolakan yang terus-menerus sehingga usaha memperbaiki kehidupan sosial ekonomi belum tertangani dengan baik. Hal itu telah mengakibatkan keadaan ekonomi mengalami kemerosotan yang sangat memberatkan dan menyebabkan penderitaan rakyat banyak. Pada tahun 1966 baru Indonesia mulai berhasil menciptakan stabilitas nasional yaitu baik di bidang ekonomi, politik maupun di bidang keamanan, dan telah melakukan serangkaian pembangunan nasional secara terus-menerus, terarah dan terpadu, bertahap dan berencana, serta konstitusional.

B. Tujuan Penulisan

Makalah ini disusun dengan tujuan :
  1. Memahami Bagaimana konsep dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Memahami proses Pembangunan Nasional di Indonesia selama ini dan hasil dari pembangunan nasional itu sendiri.
  3. Menumbuhkan rasa nasionalisme yang kini sudah hilang dari hati warga Indonesia.
  4. Sebagai tugas individu yang wajib diselesaikan dalam mata kuliah Kewiraan.

C. Perumusan Masalah
  1. Bagaimanakah Konsep dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia?
  2. Bagaimanakah proses pembangunan Nasional Setelah Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaan?
  3. Faktor apa saja yang mempengaruhi Pembangunan Nasional serta hasil di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan dan Sosial Budaya?
  4. Bagaimanakah Wujud Sistem Pemerintahan NKRI serta apa sajakah hasil dari Pembangunan Nasional selama ini?

  • Contoh Pendahuluan Makalah Agama Islam

A. PENDAHULUAN

Lahirnya agama Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW, pada abad ke-7 M, menimbulkan suatu tenaga penggerak yang luar biasa, yang pernah dialami oleh umat manusia. Islam merupakan gerakan raksasa yang telah berjalan sepanjang zaman dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Masuk dan berkembangnya Islam ke Indonesia dipandang dari segi historis dan sosiologis sangat kompleks dan terdapat banyak masalah, terutama tentang sejarah perkembangan awal Islam. Ada perbedaan antara pendapat lama dan pendapat baru. Pendapat lama sepakat bahwa Islam masuk ke Indonesia abad ke-13 M dan pendapat baru menyatakan bahwa Islam masuk pertama kali ke Indonesia pada abad ke-7 M. (A.Mustofa,Abdullah,1999: 23). Namun yang pasti, hampir semua ahli sejarah menyatakan bahwa daerah Indonesia yang mula-mula dimasuki Islam adalah daerah Aceh.(Taufik Abdullah:1983) Datangnya Islam ke Indonesia dilakukan secara damai, dapat dilihat melalui jalur perdagangan, dakwah, perkawinan, ajaran tasawuf dan tarekat, serta jalur kesenian dan pendidikan, yang semuanya mendukung proses cepatnya Islam masuk dan berkembang di Indonesia.
Kegiatan pendidikan Islam di Aceh lahir, tumbuh dan berkembang bersamaan dengan berkembangnya Islam di Aceh. Konversi massal masyarakat kepada Islam pada masa perdagangan disebabkan oleh Islam merupakan agama yang siap pakai, asosiasi Islam dengan kejayaan, kejayaan militer Islam, mengajarkan tulisan dan hapalan, kepandaian dalam penyembuhan dan pengajaran tentang moral.(Musrifah,2005: 20).
Konversi massal masyarakat kepada Islam pada masa kerajaan Islam di Aceh tidak lepas dari pengaruh penguasa kerajaan serta peran ulama dan pujangga. Aceh menjadi pusat pengkajian Islam sejak zaman Sultan Malik Az-Zahir berkuasa, dengan adanya sistem pendidikan informal berupa halaqoh. Yang pada kelanjutannya menjadi sistem pendidikan formal. Dalam konteks inilah, pemakalah akan membahas tentang pusat pengkajian Islam pada masa Kerajaan Islam dengan membatasi wilayah bahasan di daerah Aceh, dengan batasan masalah, pengertian pendidikan Islam, masuk dan berkembangnya Islam di Aceh, dan pusat pengkajian Islam pada masa tiga kerajaan besar Islam di Aceh.
  • Contoh Pendahuluan Makalah Sejarah 

BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang masalah.

Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa  ingin tahu tentang benda-benda disekitarnya, seperti bulan, bintang, dan matahari. Bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri.
Ilmu pengetahuan merupakan pencarian makna praktis, yaitu penjelasan yang bisa dimanfaatkan. Penjelasan ini telah menjadi dasar ilmu pengetahuan manusia dari zaman pra-sejarah hingga awal abad ke-20.
Ilmu pengetahuan abad ke-20 telah mengubah segalanya,  kemajuan- kemajuan serupa itu sebenarnya telah terjadi di masa-masa sebelumnya. Salah satunya terjadi kira-kira tahun 2500 SM, ketika ”Stonehenge’’ didirikan di Inggris dan ‘’Piramida’’ dibangun di Mesir. Kedua monument ini menyatukan gagasan astronomis dan religius yang kecanggihannya tidak sepenuhnya di ketahui hingga abad ini. Penyelidikan mendalam tentang Stonehenge dan piramida-piramida tersebut mengungkap pengetahuan matematika yang mengejutkan. Orang yang membangun kedua monumen ini telah memahami istilah-istilah praktis yang paling sederhana tentang hubungan antara dua sisi tegak dengan sisi miring dari segitiga siki-siku yang tertentu. Dengan kata lain mereka telah memahami dasar dari apa yang kita  kenal sebagai dalil Pythagoras sekitar 2000 tahun sebelum Pythagoras lahir.
Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan lainnya juga mengungkapkan tentang peranan dunia islam di dalamnya. Sekitar abad ke 7 M. pada zaman Bani Umayyah, orang islam menemukan cara pengamatan astronomi. Kemudian pada tahun 825 M. M. AL-khawarizmi telah menyusun  buku aljabar yang menjadi buku standar beberapa abad lamanya di Eropa.
Dari beberapa uraian tersebut, ternyata perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidaklah muncul dengan sendirinya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang selalu lapar akan pengetahuan harus mengetahui secara detail sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktu.



 

  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For Dhono-wareh Blog Karya tulis Ilmiah dan Makalah 2012

Blog Karya tulis Ilmiah dan Makalah