Kualitas? Kami tidak akan menjual produk kualitas rendah, kualitas rendah
tentunya tidak akan laku dipasaran, distributor dan reseller tidak akan
mau menjual produk kualitas rendah. Produk langsung dari Konveksi ini
yang membuat harga lebih murah dengan kualitas terjamin.
makalah kewirausahaan makanan Usaha Rumah Makan
Berikut adalah makalah kewirausahaan makanan untuk memenuhi tugas sekolah ataupun kuliah dengan Usaha Rumah Makan silahkan bebas untuk sobat download jangan lupa untuk di edit dan di baca untuk mengerti dan memahami isi dari makalah kewirausahaan makanan terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat
Usaha Rumah Makan
Nama : Nur Susilawati
NPM : 29210584
Kelas : 1EB21
BAB I
PENDAHULUAN
Dizaman
yang terus berkembang, banyak orang-orang yang sulit mendapatkan
pekerjaan, dan tidak sedikit dari mereka yang mencoba untuk membuka
usaha sendiri, atau wiraswasta. Salah satunya yaitu usaha rumah
makan.Bisnis rumah makan merupakan peluang usaha yang sejak dulu sampai
saat ini memang tidak pernah surut bahkan terus berkembang sesuai dengan
zaman yang semakin maju.Membicarakan bisnis rumah makan memang tidak
akan pernah ada habisnya.Perlu kita ketahui bahwa mungkin bisnis
rumah makan merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.Sangat
menarik apabila kita membahas bisnis rumah makan yang sangat mempunyai
prospek kedepannya.Tetapi bisnis rumah makan pula memiliki resiko
seperti bisnis-bisnis lainya apabila tidak ada inovasi-inovasi dalam
mengembangkan bisnis rumah makan. karena persaingan, tidak jarang banyak
pula rumah makan yang terpaksa harus gulung tikar.
Maka
dari itu,dibutuhkan pengetahuan tentang apa saja yang perlu dipelajari
atau dipertimbangkan sebelum membuka bisnis rumah makan.agar bisnis
rumah makan yang akan dijalani bisa berjalan dengan baik sesuai yang
diharapkan.
Dalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai,diantaranya :
· Untuk memenuhi tugas pengantar bisnis.
· Mempelajari
cara sebelum membuka usaha rumah makan,diharapkan dapat membantu
pembaca agar mengetahui cara yang baik dan benar sebelum membuka usaha
rumah makan
· Untuk mengetahui prospek kedepan dari usaha rumah makan.
· Untuk mengetahui apakah usaha rumah makan layak atau tidak untuk dijalankan.
Sedangkan manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari pembuataan makalah ini,adalah :
· Bagi masyarakat, diharapkan agar benar-benar mengetahui bagaimana cara membuat usaha rumah makan.
· Bagi penulis, sebagai salah satu sarana untuk memperdalam ilmu pengetahuan terutama dalam bidang bisnis.
BAB II
LANDASAN TEORI
Untuk
membangun sebuah usaha maka seorang wirausaha harus mengenal terlebih
dahulu apa itu yang dimaksud dengan usaha ? jenis usaha apa yang mampu
saya jalankan ? hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan
usaha ? bagaimana cara mengembangkan usahanya itu ?
Usaha
adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai
keberhasilan guna memenuhi kebutuhan finansial yang dikembangkan oleh
pemilik. Usaha terbagi menjadi tiga yaitu usaha kecil, usaha menengah,
dan usaha besar. Walaupun tingkatnya berbeda namun dalam menjalankannya
sama-sama dibutuhkan tanggung jawab dan keberanian dalam menerima
resiko.
Kepuasan pelanggan adalah sejauh mana kita bisa memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja kita
lebih rendah daripada harapan pelanggan, pembelinya tidak puas dan
lama-kelamaan pelanggan akan kabur dan usaha rumah makan kita akan sepi
peminat. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa
amat puas dan akan jauh lebih menguntungkan untuk pengusaha rumah makan tersebut. Jasa atau pelayanan merupakan suatu kenerja penampilan.Dalam
strategi pemasaran,definisi jasa harus diamati dengan baik. Kondisi dan
cepat lambatnya pertumbuhan jasa akan sangat bergantung pada penilaian
pelanggan terhadap kinerja atau penampilan yang ditawarkan oleh pemilik
usaha rumah makan.
Dan rasa merupakan faktor yang sangat penting dalam menarik
konsumen.Harga juga bisa menentukan apakah usaha rumah makan kita bisa
terus berkembang atau tidak karena kebanyakan para konsumaen bukan hanya
mencari rasa tetapi juga harga yang ekonomis.
Selain itu Kebersihan suatu rumah makan juga merupakan faktor yang
tidak kalah penting, baik kebersihan tempat maupun penyajian makanan
dapat mempengaruhi minat konsumen.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Metode penelitian
Penelitian
ini menggunakan metode survei melalui internet.dari penelitian ini akan
diperoleh data-data bisnis rumah makan.dengan dilakukan metode
penelitian seperti ini diharapkan akan membantu penulis untuk bisa
menyelasaikan tugas makalah usaha rumah makan.
Variabel penelitian
Dalam
penelitian ini, penulis akan mencoba memecahkan permasalahan dalam
membuka usaha rumah makan.Namun terlebih dahulu hendaknya memahami
variabel dalam menyelesaikan permasalahan dalam membuka usaha rumah
makan.Varibel mengandung makna bermacam-macam. Variabel adalah objek
penelitian yang bervariasi.
Teknik pengumpulan data
Dilakukan
dengan cara dokomentasi, melakuakan pengumpulan data dengan cara
melihat data-data diinternet guna memperoleh data dan keterangan yang
dibutuhkan. Dokumentasi ini dilakukan untuk memperoleh data tentang
usaha rumah makan.
BAB IV
PEMBAHASAN
Bisnis
rumah makan memang gak pernah mati. bisnis ini memang semakin tumbuh
subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang
ingin serba cepat tersaji. Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk
yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang
harus disediakan.
Persiapan
pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah
mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan
akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini, kini menyangkut masalah
operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah teknis yang
menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi.
Mulai
dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang
menyangkut bidang pekerjaan itu, untuk usaha rumah makan minimal harus
mengerti masakan. Pintar memasak, lebih baik lagi ahli memasak. Namun,
untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak dulu,
tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, tenaga ahli
yang bisa memasak bisa direkrut.
Persiapan
dalam memulai bisnis restoran/tempat makan lainnya, adalah tersedianya
prasarana dan sarana. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi
miliknya, tetapi bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa terlebih
dahulu, kecuali memang tersedia dana yang cukup yang sengaja
diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang.
Prasarana
adalah hal-hal kemudahan bersifat fisik maupun non fisik yang mendukung
pengoperasian sarana-sarana atau alat-alat. Sedangkan sarana adalah
alat-alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.
Dalam
usaha rumah makan/restoran, maka yang termasuk prasarana adalah tempat
yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha,
sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya
adalah sarana.
Bisnis
makanan termasuk bisnis yang beresiko besar. Karena bisnis makanan beda
dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual adalah makanan
kering, yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Namun jika anda yakin
pangsa pasarnya yang bagus, maka bisnis makanan akan memberi keuntungan
yang berlipat ganda.
Dalam
bisnis makanan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan
yang akan dijual tersebut. Karena banyak yang sukses berbisnis makanan
dari mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Lalu bagi
anda yang pintar memasak, tetapi tidak bisa menjual, anda juga bisa
menitipkannya di kantin, atau di tempat-tempat yang ramai pengunjung.
Bisnis
makanan bukan milik kaum wanita saja, banyak pria yang menjadi koki
kelas dunia. Dan kebanyakan penjual makanan yang sukses adalah pria.
Rasa masakannya pun tidak kalah dari masakan wanita.
Untuk
bisnis makanan, jika anda bingung memilih makanan apa yang akan dijual,
anda bisa memulainya dari makanan kesukaan anda. Jika anda lebih
berani, anda bisa memulainya dari makanan yang banyak dijual disekitar
tempat anda ingin berjualan, dan tentunya yang banyak dibutuhkan
ditempat tersebut. Silahkan cicipi nikmatnya berbisnis makanan.
Usaha
rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting
sekali ada tukang masakan yang betul-betul ahli dibidangnya. Jual-lah
masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah
makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya.
Sebaiknya
Anda juga mengurus izin usahanya. Bisa izin usaha dari RT/RW atau
keamanan setempat. Namun secara prinsip, yang saya maksudkan adalah
berbadan hukum yaitu dengan akte notaris. Hal ini sangat diperlukan bila
usaha Anda di pinggir jalan raya dan melibatkan beberapa pekerja. Tidak
perlu mendirikan PT atau CV, misalnya cukup dalam status UD (Usaha
Dagang) milik perseorangan, yaitu Anda yang disahkan oleh notaris.
Banyak
pengusaha yang sukses membangun bisnisnya di suatu wilayah tetapi
kemudian gagal kala mencoba melakukan ekspansi di wilayah lainnya.
Bisnis restoran dan/rumah makan meskipun memiliki prospek yang cukup
bagus tetapi juga sangat rentan, khususnya terhadap masalah konsistensi
rasa, kontrol mutu dan pelayanannya. Sehingga pelaku dibidang ini
membutuhkan pemahaman yang kuat tentang bisnis restoran dan/rumah makan
tersebut, khususnya yang berkaitan dengan produk, mutu pelayanan,
administrasi dan pengawasannya.
Banyak
faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran dan/rumah makan
tersebut, namun secara umum faktor yang paling menonjol dalam bisnis
tersebut adalah rasa (taste) dan lokasi. Beberapa faktor lainnya yang
tidak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan usaha yang harus
diperhatikan para pelaku yang bergerak di bidang ini, yaitu : komitmen
dan fokus usaha.
Faktor
lokasi telah dinyakini sebagai kiat suskes sebuah usaha dibidang
restoran dan/rumah makan ini, salah satu yang menganut faham ini adalah
Paulus Indra. Paulus Indra salah satu pelaku dibidang bisnis pelayanan
jasa penyediaan makanan dan minuman ini, tidak saja berhasil membangun
dan mengembangkan restoran tetapi juga Café, seperti : Café Wien, Toraja
Café, Kafe Mario, dan Terminal Café. Sedangkan restoran yang berhasil
dikembangan, antara lain : Waroeng Podjok, Mario’s Palace, Dermaga Food
Court, Kuta Seafood dan Bali Seafood.
Boomingnya
bisnis makanan di Indonesia disusul munculnya merek-merek baru pada
bisnis ini, tak membuat makanan tradisional kehilangan penggemarnya.
Tengok saja, masakan Padang dengan warung makan Padang yang tersebar di
mana-mana, hingga sate dan soto Madura yang tidak pernah mati di
berbagai sudut kota Jakarta.Salah satu makanan tradisional yang memiliki penggemar tersendiri dan telah difranchisekan adalah Rumah Makan Tradisional Rawon Guling asal Jawa Timur yang beroperasi sejak sebelum Indonesia Merdeka (1941), di perbatasan Pasuruan memasuki Probolinggo Jawa Timur. Kendati sudah berusia lebih dari setengah abad, rumah makan yang menyajikan menu khas Jawa Timut ini baru difranchisekan sejak Mei tahun lalu.
Kejenuhan pasar terhadap makanan tradisional yang menyuguhkan taste dan proses pengolahan yang tetap sama secara turun-temurun terbukti tidak membuat pasar jenuh, karena ternyata makanan tradisional memiliki pasar yang sangat unik.
Bagi anda yang ingin membuka bisnis rumah makan kita bisa membuka usaha rumah makan lokal terlebih dahulu,seperti rumah makan sunda atau rumah makan padang.
Berikut beberapa contoh rumah makan lokal :
Rumah makan sunda TIKTOK
Rumah
makan Tiktok terletak di Jl. RA Kosasih No.232, Sukabumi. Letaknya yang
strategis dan menu makanan minuman yang lengkap, membuat RM ini seakan
tidak pernah sepi dari pengunjung.
Tiktok adalah unggas hasil persilangan dari itik dan entog. Daging tiktok lebih tebal, gurih dan tidak ‘penguk’ seperti daging bebek. Menu spesial yang menjadi andalan dirumah makan ini tentunya daging Tiktok yang dibakar/digoreng. Harganya sekitar Rp. 6.000/0ns, dengan minimal pembelian adalah setengah ekor. Untuk menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu Nasi timbel komplit seharga Rp. 22.000, terdiri dari nasi timbel, ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, sambal dan sayur asem. Selain itu daftar menu yang lain ada gurami bakar/cobek/asam manis, aneka sop, udang, karedok, pencok kacang panjang, tumis kangkung/genjer.
Tiktok adalah unggas hasil persilangan dari itik dan entog. Daging tiktok lebih tebal, gurih dan tidak ‘penguk’ seperti daging bebek. Menu spesial yang menjadi andalan dirumah makan ini tentunya daging Tiktok yang dibakar/digoreng. Harganya sekitar Rp. 6.000/0ns, dengan minimal pembelian adalah setengah ekor. Untuk menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu Nasi timbel komplit seharga Rp. 22.000, terdiri dari nasi timbel, ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, sambal dan sayur asem. Selain itu daftar menu yang lain ada gurami bakar/cobek/asam manis, aneka sop, udang, karedok, pencok kacang panjang, tumis kangkung/genjer.
Nah, Anda pasti akrab dengan rumah makan padang. Anda sendiri mungkin akan tercengang dan sempat bertanya dalam hati, mengapa restoran padang masuk ke dalam kategori makanan cepat saji? Coba ditelaah secara logika. Semua yang tersaji di rumah makan padang langsung bisa Anda nikmati, bukan?
Anda tidak perlu menunggu lama para koki menggorengkan atau memasakkan pesanan Anda. Anda ingin rendang, sudah tersedia, ayam panggang juga ada. Jadi, tak ada bedanya, bukan? Toh, restoran padang pun sama memberikan sajian dengan cepat.
Ditambah lagi, beberapa rumah makan padang sudah memakai sistem franchise. Sebut saja, Rumah Makan Sederhana yang menggelandang dari Jakarta, Bandung, sampai Surabaya.
Bukan itu saja, dengan hanya berganti nama, rumah makan lainnya membuka franchise. Padahal, kita jelas-jelas tahu bahwa rumah makan itu sama-sama masakan Padang, tidak jauh beda.
Pastinya ada rendang, ayam gulai, cabe hijau, dan semua yang berbau Padang. Namun, memang yang membedakannya dengan yang lain adalah rasa. Rasa tidak pernah bohong, rupanya.
Atau
jika anda ingin mencoba membuka usaha rumah makan cepat saji,anda bisa
mencoba usaha rumah makan seperti McDonald’s atau KFC. Karna sesuai dengan Kehidupan
masyarakat saat ini yang begitu sibuk sehingga mereka bahkan tidak
mendapatkan waktu untuk makan makanan dengan baik. Hal ini melahirkan
sebuah sektor baru yang disebut sektor makanan cepat saji.
BAB V
KESIMPULAN
Pada
data-data yang sudah kita ketahui, jelas bahwa usaha rumah makan
merupakan usaha yang tidak pernah ada matinya, bahkan bisa sangat
menguntungkan. Karena makanan merupakan kebutuhan setiap manusia. Dan Usaha
Restoran datang dalam bisnis terbaru yang telah mendapatkan popularitas
di seluruh dunia. Hal ini dianggap sebagai salah satu usaha berskala
besar yang dilengkapi oleh ide usaha yang kreatif. Jadi bagi anda yang
baru ingin memulai usaha berbisnis, usaha rumah makan merupakan usaha
yang sangat layak untuk dipertimbangkan.
DAFTAR PUSTAKA
http://kamissore.blogspot.com/2008/10/bisnis-rumah-makan.html
Sumber :
http://marcantia.wordpress.com/2009/06/03/rumah-makan-sunda-tiktok/
3 Juni 2009
http://marcantia.wordpress.com/2009/06/03/rumah-makan-sunda-tiktok/
3 Juni 2009
http://binaukm.com/2010/05/perkembangan-bisnis-rumah-makan-dan-restoran-peluang-usaha-rumah-makan-restoran/