SELAMAT DATANG DI GUDANGNYA PUSAT KONVEKSI JILBAB ONLINE


Banyak orang kesulitan mencari usaha rumahan yang dapat memberikan income yang besar. Kami menawarkan Peluang Usaha Rumahan untuk berjualan Jilbab Langsung Konveksi dengan pertimbangan bahwa mayoritas wanita indonesia berhijab dari anak-anak sampai orang dewasa.


[ MURAH BUKAN MURAHAN ]
Kualitas? Kami tidak akan menjual produk kualitas rendah, kualitas rendah tentunya tidak akan laku dipasaran, distributor dan reseller tidak akan mau menjual produk kualitas rendah. Produk langsung dari Konveksi ini yang membuat harga lebih murah dengan kualitas terjamin.
 
[ Ayooo Kita Ciptakan Usaha Online/Rumahan ]
Konsep bisnis ini sangat mudah, karena konsep bisnis rumahan, tidak perlu tempat bagus seperti butik atau bahkan toko besar. Ini kesempatan say GUNAKAN HP kamu untuk menjual jilbab online Melalui BBM, Facebook, Line, IG, tidak terbatas dengan ruangan, bisa dijalankan di rumah. Anda tidak perlu bingung dgn modal seadanya anda sudah bisa berbisnis jualan jilbab. ini bukan MLM/waralaba murni bisnis sampingan dirumah, apalagi jika anda memang sedang/sudah menjalani bisnis jualan jilbab dan punya toko. Silahkan menilai sendiri bagaimana prospeknya. ONLINE/OFFLINE oke :-)

> INI KESEMPATAN DAN BUKTIKAN <

Kadsha.com

makalah kewirausahaan makanan Usaha Rumah Makan

Berikut adalah makalah kewirausahaan makanan untuk memenuhi tugas sekolah ataupun kuliah dengan Usaha Rumah Makan silahkan bebas untuk sobat download jangan lupa untuk di edit dan di baca untuk mengerti dan memahami isi dari makalah kewirausahaan makanan terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat

Usaha Rumah Makan


Nama : Nur Susilawati
NPM : 29210584
Kelas : 1EB21

BAB I
PENDAHULUAN



Dizaman yang terus berkembang, banyak orang-orang yang sulit mendapatkan pekerjaan, dan tidak sedikit dari mereka yang mencoba untuk membuka usaha sendiri, atau wiraswasta. Salah satunya yaitu usaha rumah makan.Bisnis rumah makan merupakan peluang usaha yang sejak dulu sampai saat ini memang tidak pernah surut bahkan terus berkembang sesuai dengan zaman yang semakin maju.Membicarakan bisnis rumah makan memang tidak akan pernah ada habisnya.Perlu kita ketahui bahwa mungkin  bisnis rumah makan merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.Sangat menarik apabila kita membahas bisnis rumah makan yang sangat mempunyai prospek kedepannya.Tetapi bisnis rumah makan pula memiliki resiko seperti bisnis-bisnis lainya apabila tidak ada inovasi-inovasi dalam mengembangkan bisnis rumah makan. karena persaingan, tidak jarang banyak pula rumah makan yang terpaksa harus gulung tikar.
Maka dari itu,dibutuhkan pengetahuan tentang apa saja yang perlu dipelajari atau dipertimbangkan sebelum membuka bisnis rumah makan.agar bisnis rumah makan yang akan dijalani bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.
Dalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai,diantaranya :
·         Untuk memenuhi tugas pengantar bisnis.
·         Mempelajari cara sebelum membuka usaha rumah makan,diharapkan dapat membantu pembaca agar mengetahui cara yang baik dan benar sebelum membuka usaha rumah makan
·         Untuk mengetahui prospek kedepan dari usaha rumah makan.
·         Untuk mengetahui apakah usaha rumah makan layak atau tidak untuk dijalankan.
Sedangkan manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari pembuataan makalah ini,adalah :
·         Bagi masyarakat, diharapkan agar benar-benar mengetahui bagaimana cara membuat usaha rumah makan.
·         Bagi penulis, sebagai salah satu sarana untuk memperdalam ilmu pengetahuan terutama dalam bidang bisnis.








BAB II
LANDASAN TEORI


Untuk membangun sebuah usaha maka seorang wirausaha harus mengenal terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan usaha ? jenis usaha apa yang mampu saya jalankan ? hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ? bagaimana cara mengembangkan usahanya itu ?
Usaha adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan guna memenuhi kebutuhan finansial yang dikembangkan oleh pemilik. Usaha terbagi menjadi tiga yaitu usaha kecil, usaha menengah, dan usaha besar. Walaupun tingkatnya berbeda namun dalam menjalankannya sama-sama dibutuhkan tanggung jawab dan keberanian dalam menerima resiko.  
Kepuasan pelanggan adalah sejauh mana kita bisa memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja kita lebih rendah daripada harapan pelanggan, pembelinya tidak puas dan lama-kelamaan pelanggan akan kabur dan usaha rumah makan kita akan sepi peminat. Bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa amat puas  dan akan jauh lebih menguntungkan untuk pengusaha rumah makan tersebut. Jasa atau pelayanan merupakan suatu kenerja penampilan.Dalam strategi pemasaran,definisi jasa harus diamati dengan baik. Kondisi dan cepat lambatnya pertumbuhan jasa akan sangat bergantung pada penilaian pelanggan terhadap kinerja atau penampilan yang ditawarkan oleh pemilik usaha rumah makan. Dan rasa merupakan faktor yang sangat penting dalam menarik konsumen.Harga juga bisa menentukan apakah usaha rumah makan kita bisa terus berkembang atau tidak karena kebanyakan para konsumaen bukan hanya mencari rasa tetapi juga harga yang ekonomis. Selain itu Kebersihan suatu rumah makan juga merupakan faktor yang tidak kalah penting, baik kebersihan tempat maupun penyajian makanan dapat mempengaruhi minat konsumen.













BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


Metode penelitian
Penelitian ini menggunakan metode survei melalui internet.dari penelitian ini akan diperoleh data-data bisnis rumah makan.dengan dilakukan metode penelitian seperti ini diharapkan akan membantu penulis untuk bisa menyelasaikan tugas makalah usaha rumah makan.

Variabel penelitian
Dalam penelitian ini, penulis akan mencoba memecahkan permasalahan dalam membuka usaha rumah makan.Namun terlebih dahulu hendaknya memahami variabel dalam menyelesaikan permasalahan dalam membuka usaha rumah makan.Varibel mengandung makna bermacam-macam. Variabel adalah objek penelitian yang bervariasi.

Teknik pengumpulan data
Dilakukan dengan cara dokomentasi, melakuakan pengumpulan data dengan cara melihat data-data diinternet guna memperoleh data dan keterangan yang dibutuhkan. Dokumentasi ini dilakukan untuk memperoleh data tentang usaha rumah makan.












BAB IV
PEMBAHASAN


Bisnis rumah makan memang gak pernah mati. bisnis ini memang semakin tumbuh subur seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan gaya hidup yang ingin serba cepat tersaji. Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.
Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini, kini menyangkut masalah operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi.
Mulai dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu, untuk usaha rumah makan minimal harus mengerti masakan. Pintar memasak, lebih baik lagi ahli memasak. Namun, untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, tenaga ahli yang bisa memasak bisa direkrut.
Persiapan dalam memulai bisnis restoran/tempat makan lainnya, adalah tersedianya prasarana dan sarana. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi miliknya, tetapi bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa terlebih dahulu, kecuali memang tersedia dana yang cukup yang sengaja diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang.
Prasarana adalah hal-hal kemudahan bersifat fisik maupun non fisik yang mendukung pengoperasian sarana-sarana atau alat-alat. Sedangkan sarana adalah alat-alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.
Dalam usaha rumah makan/restoran, maka yang termasuk prasarana adalah tempat yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana.
Bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar. Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual adalah makanan kering, yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Namun jika anda yakin pangsa pasarnya yang bagus, maka bisnis makanan akan memberi keuntungan yang berlipat ganda.
Dalam bisnis makanan memang kita tidak dituntut untuk bisa membuat makanan yang akan dijual tersebut. Karena banyak yang sukses berbisnis makanan dari mengambil makanan ditempat lain, lalu menjualnya lagi. Lalu bagi anda yang pintar memasak, tetapi tidak bisa menjual, anda juga bisa menitipkannya di kantin, atau di tempat-tempat yang ramai pengunjung.
Bisnis makanan bukan milik kaum wanita saja, banyak pria yang menjadi koki kelas dunia. Dan kebanyakan penjual makanan yang sukses adalah pria. Rasa masakannya pun tidak kalah dari masakan wanita.

Untuk bisnis makanan, jika anda bingung memilih makanan apa yang akan dijual, anda bisa memulainya dari makanan kesukaan anda. Jika anda lebih berani, anda bisa memulainya dari makanan yang banyak dijual disekitar tempat anda ingin berjualan, dan tentunya yang banyak dibutuhkan ditempat tersebut. Silahkan cicipi nikmatnya berbisnis makanan.
Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul-betul ahli dibidangnya. Jual-lah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya.
Sebaiknya Anda juga mengurus izin usahanya. Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. Namun secara prinsip, yang saya maksudkan adalah berbadan hukum yaitu dengan akte notaris. Hal ini sangat diperlukan bila usaha Anda di pinggir jalan raya dan melibatkan beberapa pekerja. Tidak perlu mendirikan PT atau CV, misalnya cukup dalam status UD (Usaha Dagang) milik perseorangan, yaitu Anda yang disahkan oleh notaris.
 Banyak pengusaha yang sukses membangun bisnisnya di suatu wilayah tetapi kemudian gagal kala mencoba melakukan ekspansi di wilayah lainnya. Bisnis restoran dan/rumah makan meskipun memiliki prospek yang cukup bagus tetapi juga sangat rentan, khususnya terhadap masalah konsistensi rasa, kontrol mutu dan pelayanannya. Sehingga pelaku dibidang ini membutuhkan pemahaman yang kuat tentang bisnis restoran dan/rumah makan tersebut, khususnya yang berkaitan dengan produk, mutu pelayanan, administrasi dan pengawasannya.
Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran dan/rumah makan tersebut, namun secara umum faktor yang paling menonjol dalam bisnis tersebut adalah rasa (taste) dan lokasi. Beberapa faktor lainnya yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan usaha yang harus diperhatikan para pelaku yang bergerak di bidang ini, yaitu : komitmen dan fokus usaha.
Faktor lokasi telah dinyakini sebagai kiat suskes sebuah usaha dibidang restoran dan/rumah makan ini, salah satu yang menganut faham ini adalah Paulus Indra. Paulus Indra salah satu pelaku dibidang bisnis pelayanan jasa penyediaan makanan dan minuman ini, tidak saja berhasil membangun dan mengembangkan restoran tetapi juga Café, seperti : Café Wien, Toraja Café, Kafe Mario, dan Terminal Café. Sedangkan restoran yang berhasil dikembangan, antara lain : Waroeng Podjok, Mario’s Palace, Dermaga Food Court, Kuta Seafood dan Bali Seafood.
Boomingnya bisnis makanan di Indonesia disusul munculnya merek-merek baru pada bisnis ini, tak membuat makanan tradisional kehilangan penggemarnya. Tengok saja, masakan Padang dengan warung makan Padang yang tersebar di mana-mana, hingga sate dan soto Madura yang tidak pernah mati di  berbagai sudut kota Jakarta.
Salah satu makanan tradisional yang memiliki penggemar tersendiri dan  telah difranchisekan adalah Rumah Makan Tradisional Rawon Guling asal Jawa Timur yang beroperasi sejak sebelum Indonesia Merdeka (1941), di perbatasan Pasuruan memasuki Probolinggo Jawa Timur. Kendati sudah berusia lebih dari setengah abad, rumah makan yang menyajikan menu khas Jawa Timut ini  baru difranchisekan sejak Mei tahun lalu.
Kejenuhan pasar terhadap makanan tradisional yang menyuguhkan taste dan proses pengolahan yang tetap sama secara turun-temurun terbukti tidak membuat pasar jenuh, karena ternyata makanan tradisional memiliki pasar yang sangat unik.
            Bagi anda yang ingin membuka bisnis rumah makan kita bisa membuka usaha rumah makan lokal terlebih dahulu,seperti rumah makan sunda atau rumah makan padang.
Berikut beberapa contoh rumah makan lokal :

Rumah makan sunda TIKTOK
Rumah makan Tiktok terletak di Jl. RA Kosasih No.232, Sukabumi. Letaknya yang strategis dan menu makanan minuman yang lengkap, membuat RM ini seakan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Tiktok adalah unggas hasil persilangan dari itik dan entog. Daging tiktok lebih tebal, gurih dan tidak ‘penguk’ seperti daging bebek. Menu spesial yang menjadi andalan dirumah makan ini tentunya daging Tiktok yang dibakar/digoreng. Harganya sekitar Rp. 6.000/0ns, dengan minimal pembelian adalah setengah ekor. Untuk menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu Nasi timbel komplit seharga Rp. 22.000, terdiri dari nasi timbel, ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, sambal dan sayur asem. Selain itu daftar menu yang lain ada gurami bakar/cobek/asam manis, aneka sop, udang, karedok, pencok kacang panjang, tumis kangkung/genjer.

Rumah Makan Padang
Nah, Anda pasti akrab dengan rumah makan padang. Anda sendiri mungkin akan tercengang dan sempat bertanya dalam hati, mengapa restoran padang masuk ke dalam kategori makanan cepat saji? Coba ditelaah secara logika. Semua yang tersaji di rumah makan padang langsung bisa Anda nikmati, bukan?
Anda tidak perlu menunggu lama para koki menggorengkan atau memasakkan pesanan Anda. Anda ingin rendang, sudah tersedia, ayam panggang juga ada. Jadi, tak ada bedanya, bukan? Toh, restoran padang pun sama memberikan sajian dengan cepat.
Ditambah lagi, beberapa rumah makan padang sudah memakai sistem franchise. Sebut saja, Rumah Makan Sederhana yang menggelandang dari Jakarta, Bandung, sampai Surabaya.
Bukan itu saja, dengan hanya berganti nama, rumah makan lainnya membuka franchise. Padahal, kita jelas-jelas tahu bahwa rumah makan itu sama-sama masakan Padang, tidak jauh beda.
Pastinya ada rendang, ayam gulai, cabe hijau, dan semua yang berbau Padang. Namun, memang yang membedakannya dengan yang lain adalah rasa. Rasa tidak pernah bohong, rupanya.

Atau jika anda ingin mencoba membuka usaha rumah makan cepat saji,anda bisa mencoba usaha rumah makan seperti McDonald’s atau KFC. Karna sesuai dengan Kehidupan masyarakat saat ini yang begitu sibuk sehingga mereka bahkan tidak mendapatkan waktu untuk makan makanan dengan baik. Hal ini melahirkan sebuah sektor baru yang disebut sektor makanan cepat saji.

BAB V
KESIMPULAN

Pada data-data yang sudah kita ketahui, jelas bahwa usaha rumah makan merupakan usaha yang tidak pernah ada matinya, bahkan bisa sangat menguntungkan. Karena makanan merupakan kebutuhan setiap manusia. Dan Usaha Restoran datang dalam bisnis terbaru yang telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Hal ini dianggap sebagai salah satu usaha berskala besar yang dilengkapi oleh ide usaha yang kreatif. Jadi bagi anda yang baru ingin memulai usaha berbisnis, usaha rumah makan merupakan usaha yang sangat layak untuk dipertimbangkan.



DAFTAR PUSTAKA
http://kamissore.blogspot.com/2008/10/bisnis-rumah-makan.html
Sumber :
http://marcantia.wordpress.com/2009/06/03/rumah-makan-sunda-tiktok/
3 Juni 2009

http://binaukm.com/2010/05/perkembangan-bisnis-rumah-makan-dan-restoran-peluang-usaha-rumah-makan-restoran/

Kadsha.com

Kadsha.com