SELAMAT DATANG DI GUDANGNYA PUSAT KONVEKSI JILBAB ONLINE


Banyak orang kesulitan mencari usaha rumahan yang dapat memberikan income yang besar. Kami menawarkan Peluang Usaha Rumahan untuk berjualan Jilbab Langsung Konveksi dengan pertimbangan bahwa mayoritas wanita indonesia berhijab dari anak-anak sampai orang dewasa.


[ MURAH BUKAN MURAHAN ]
Kualitas? Kami tidak akan menjual produk kualitas rendah, kualitas rendah tentunya tidak akan laku dipasaran, distributor dan reseller tidak akan mau menjual produk kualitas rendah. Produk langsung dari Konveksi ini yang membuat harga lebih murah dengan kualitas terjamin.
 
[ Ayooo Kita Ciptakan Usaha Online/Rumahan ]
Konsep bisnis ini sangat mudah, karena konsep bisnis rumahan, tidak perlu tempat bagus seperti butik atau bahkan toko besar. Ini kesempatan say GUNAKAN HP kamu untuk menjual jilbab online Melalui BBM, Facebook, Line, IG, tidak terbatas dengan ruangan, bisa dijalankan di rumah. Anda tidak perlu bingung dgn modal seadanya anda sudah bisa berbisnis jualan jilbab. ini bukan MLM/waralaba murni bisnis sampingan dirumah, apalagi jika anda memang sedang/sudah menjalani bisnis jualan jilbab dan punya toko. Silahkan menilai sendiri bagaimana prospeknya. ONLINE/OFFLINE oke :-)

> INI KESEMPATAN DAN BUKTIKAN <

Kadsha.com

Makalah kesehatan PENGARUH POLA MAKAN SEHAT DAN SEIMBANG

Berikut adalah karya tulis ilmiah tentang kesehatan untuk memenuhi tugas sekolah ataupun kuliah dengan karya tulis ilmiah tentang kesehatan silahkan bebas untuk sobat download jangan lupa untuk di edit dan di baca untuk mengerti dan memahami isi dari karya tulis ilmiah tentang kesehatan terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat 

Silahkan untuk di Copas Untuk makalah kesehatan di baah ini semoga membantu


PENGARUH POLA MAKAN SEHAT DAN SEIMBANG
BAGI KESEHATAN MAHASISWA JURUSAN GIZI POLITEKNIK KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II







DISUSUN OLEH :
 1. Agita Kurniawati
2. Hardini Aqrhizna Putri
3. Kevinti Febrina
4. Isyna Saiidah
5. Septiafitri Nur Sulistyonindah


KELAS 1-B
D3 GIZI POLITEKNIK KESEHATAN
KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II
2011
















KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas semiskripsi yang berjudul “Pengaruh Pola Makan Sehat dan Seimbang bagi Mahasiswa Gizi Politeknik Kesekatan Kementerian Kesehatan Jakarta II” dengan tujuan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia D3 Gizi Semester 1.
Semiskripsi ini berisi pengetahuan mengenai pola makan sehat dan seimbang. Selain manfaat pola makan sehat dan seimbang, semiskripsi ini juga menyebutkan pengaruhnya bagi kesehatan, serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan semiskripsi ini,
  1. Bapak Suprianaf, selaku dosen Bahasa Indonesia D3 Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II yang telah membimbing kami dalam pembuatan semiskripsi ini.
  2. Penulis yang tulisannya kami kutip sebagai bahan rujukan.
  3. Pihak perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II yang telah membantu kami mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan semiskripsi ini.
  4. Keluarga dan teman-teman yang telah memberikan semangat sehingga kami dapat menyelesaikan tugas semiskripsi ini.

Penulis sangat menyadari semiskripsi  ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pembuatan semiskripsi ini.
Kritik serta saran yang membangun selalu terbuka demi kesempurnaan semiskripsi ini. Semoga semiskripsi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Jakarta, 13 November 2011
                                                 Penulis,

Kelompok




ABSTRAK

Agita Kurniawati, Hardini A.P, Isyna Saiidah, Kevinti Febrina, Septiafitri N.S Pengaruh Pola Makan Sehat dan Seimbang bagi Kesehatan Mahasiswa Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II. Semiskripsi. Jakarta:Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, November 2011.
Setiap manusia membutuhkan makan untuk mempertahankan kelangsungan kehidupannya. Kebutuhan tersebut dapat ditinjau dari pola makan yang diterapkan. Pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia serta berpengaruh terhadap kinerja tubuh dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Pola makan yang kurang sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Oleh karena itu, pola makan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah pola makan yang sehat dan seimbang karena pola makan tersebut memenuhi aspek yang dibutuhkan tubuh yaitu kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air di mana porsi yang dikonsumsi sesuai dengan energi yang diperlukan dalam aktifitas per harinya. Pola makan seperti ini dapat mencegah terjadinya obesitas (kegemukan) yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi energi dan kebutuhan, yaitu mengonsumsi lebih banyak energi dari pada pengeluaran energi.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aspek pola makan sehat dan seimbang baik manfaatnya, pengaruhnya bagi kesehatan, serta penerapannya sehingga masyarakat tergerak untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang di kehidupan sehari-harinya.
DAFTAR ISI
                                                                                                                     Halaman
HALAMAN SAMPUL…………………………………………………………………………………i
HALAMAN LOGO…………………………………………………………………………………….ii
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………..iii
ABSTRAK………………………………………………………………………………………………..iv
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………v
BAB I PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah………………………………………………………….1
1.2              Identifikasi Masalah……………………………………………………………….2
1.3              Pembatasan Masalah………………………………………………………………2
1.4              Rumusan Masalah………………………………………………………………….3
1.5              Tujuan Penelitian…………………………………………………………………..3
1.6              Kegunaan Penelitian……………………………………………………………….3
1.7              Ruang Lingkup Penelitian……………………………………………………….4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
2.1       Pola Makan Sehat dan Seimbang
2.1.1 Pengertian……………………………………………………………………..5
2.1.2 Zat-zat Gizi……………………………………………………………………5
2.1.3 Manfaat………………………………………………………………………..8
2.2       Pola Makan Tidak Sehat dan Seimbang
2.2.1 Conroh………………………………………………………………………….8
2.2.2 Akibat……………………………………………………………………………
2.3 Pengaruh Pola Makan Sehat dan Seimbang bagi Kesehatan……………11
2.4 Penerapan Pola Makan Sehat dan Seimbang…………………………………12

BAB III PENUTUP
3.1       Kesimpulan…………………………………………………………………………17
3.2       Saran…………………………………………………………………………………..17
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………..18
DAFTAR RIWAYAT HIDUP……………………………………………………………………19

















BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Di usia ketika memulai perkuliahan merupakan waktu yang tepat untuk beraktifitas penuh. Beratnya kewajiban untuk belajar dan beraktivitas, membuat mahasiswa lebih menyukai segala sesuatu yang serba cepat dan praktis sehingga lupa akan pentingnya kesehatan, seperti mengkonsumsi makanan siap saji yang kandungan gizinya tidak lengkap bahkan lebih banyak mengandung lemak.
Menurut beberapa dokter, jika kandungan kalori dan kolesterol yang tinggi dan rendah serat serta tidak diimbangi dengan aktivitas fisik atau olahraga biasanya akan menyebabkan lemak mudah terbentuk dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit serta ancaman obesitas.
Setelah penyakit mulai menyerang, barulah kita sadar kalau ada yang salah dengan gaya hidup. Salah satu yang paling berpengaruh adalah pola makan. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang perlu diimbangi dengan olahraga dan istirahat cukup. Melalui pengaturan pola makan yang baik, perkembangan penyakit dapat dicegah.
Berdasarkan hal tersebut, semiskripsi ini dibuat agar masyarakat khususnya mahasiswa mengenal lebih jauh mengenai pentingnya pola makan sehat dan seimbang bagi kelangsungan hidup baik manfaatnya,  pengaruhnya

BAB II KAJIAN PUSTAKA

2.1  Pola Makan Sehat dan Seimbang.

2.1.1        Pengertian

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pola diartikan sebagai suatu sistem, cara kerja atau usaha untuk melakukan sesuatu (Depdiknas, 2001). Dengan demikian, pola makan yang sehat dapat diartikan sebagai suatu cara atau usaha untuk melakukan kegiatan makan secara sehat.

Andi (2011) mengemukakan pola makan sehat adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit.1

Sedangkan pola makan sehat dan seimbang yang dimaksud dalam semiskripsi ini adalah pola makan yang teratur di mana makanan yang dikonsumsi mengandung zat-zat gizi yang jumlahnya sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.

2.1.2        Zat-zat Gizi
Mengonsumsi pola makan yang seimbang merupakan sudah anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu.
1http://www.gayahidupsehat.org
Zat-zat gizi tersebut adalah :
Karbohidrat
Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena zat inilah yang memiliki peran penting sebagai penopang sumber tenaga utama untuk kegiatan sehari-hari tubuh manusia. Zat karbohidrat terdapat pada makanan:
Tepung-tepungan
Penting adanya untuk senantiasa mengonsumsi salah satu makanan sumber tepung-tepungan setiap kali makan. Contohnya: nasi, kentang mie, ubi, singkong, dan lainnya. Bila tubuh mengalami ketidakcukupan zat karbohidrat, maka gejala paling awal yang paling mudah didapati adalah tubuh terasa lebih cepat lelah karena kekurangan tenaga dari biasanya.
Gula
Gula bisa didapat pada makanan, antara lain: gula pasir, gula merah, gula batu, sirup, madu dan kue manis. Namun perlu diwaspadai, pola konsumsi gula perlu dibatasi. Meninjau karena zat gula tidak memiliki kandungan zat gizi lainnya kecuali karbohidrat. Dengan demikian kebanyakan gula hanya akan mengakibatkan kegemukan pada tubuh.


Lemak
Banyak yang belum mengetahui, bahwasanya lemak merupakan sumber tenaga juga, namun karena bentuknya lebih memakan waktu dan sulit diserap oleh tubuh. Lemak merupakan zat yang bersifat sebagai cadangan energi bagi tubuh. Lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak terdapat pada minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek dan lemak hewan lainnya.
Protein
Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh dan mengganti jaringan yang rusak pada tubuh. Jelas sekali kebutuhan zat protein sudah mutlak dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Protein terdapat pada: Ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe serta kacang-kacangan.
Vitamin & Mineral
Seperti telah diketahui bersama, vitamin dan mineral memiliki fungsi untuk membantu melancarkan kinerja tubuh. Vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.
Serat
Serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh, diantara lain :
  • Membantu menurunkan glukosa darah
  • Membantu menurunkan lemak darah
  • Melancarkan buang air besar
2.1.3        Manfaat
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu pola makan sehat dan seimbang juga dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia serta berpengaruh terhadap kinerja tubuh dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Pola makan yang kurang sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

2.2  Pola Makan Tidak Sehat.
2.2.1        Contoh Pola Makan Tidak Sehat.
Melewatkan sarapan
Banyak orang yang masih belum menyadari arti pentingnya sarapan. Mungkin bagi sebagian orang, sarapan berarti hanya mengisi makanan ke perut saja.
Padahal fungsinya tidak hanya sebatas menjaga agar lambung tidak kosong saja, melainkan juga untuk meningkatkan energi dan konsentrasi pada otak dan tubuh. Menyantap sarapan juga membantu Kita agar tidak makan terlampau banyak pada siang hari.
Makan sebelum tidur
Belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa makan sebelum tidur dapat menyebabkan bertambahnya berat tubuh seseorang, namun menyantap makanan terlalu banyak atau menyantap makanan pedas, berlemak dan minum kafein minimal 3 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas dan lamanya tidur lelap yang seharusnya kita dapatkan. Akibatnya, esok hari Kita terbangun dengan tubuh lemas, lunglai dan tak bersemangat. Para ahli mengatakan bahwa menyantap makanan berlemak sebelum tidur dapat membuat kerja lambung menjadi lebih lambat sehingga makanan masih tetap tertinggal di lambung pada saat kita tidur. Sedangkan menyantap makanan pedas sebelum tidur dapat membuat perut Kita serasa “terbakar” menjelang saat tidur.
Makan sambil melakukan kegiatan lain
Selain terlihat tidak sopan, tapi makan sambil berbicara di telepon, bermain video game atau yang lebih parah, menonton TV secara tak sadar dapat membuat makan lebih banyak. Jika melakukan hal ini, jangan heran jika angka timbangan kita terus bertambah. Makan sembarimelakukan kegiatan lain, akan membuat Kita mengabaikan jumlah kalori yangKita santap. Apalagi jika kita mengonsumsi snack favorit. Biasanya lebih sulit lagi menghentikan jumlah kalori yang terus masuk ke tubuh.
Kurang minum air putih
Air putih sangat penting bagi kehidupan setiap makhluk hidup di bumi. Namun yang tak diketahui oleh banyak orang adalah bahayanya kurang minum air putih. Kurang minum air putih ternyata dapat membuat proses metabolisme tubuh terganggu, contohnya adalah tubuh membutuhkan air untuk membakar kalori, jika kita kurang minum air putih, otomatis proses pembakaran tak berjalan lancar. Sebaiknya, minum banyak air putih setiap hari. Para ahli menganjurkan minum air putih minimal 8-10 gelas perhari untuk menjaga kesehatan. Jika selama ini kita senang minum soda, kopi atau minuman lain, alangkah baiknya jika kita menyingkirkan semua itu dan menggantinya dengan minum air putih. Biasakan diri untuk meminum segelas air putih setelah bangun dari tidur.
Kurang menyantap sayur dan buah
Makanan dengan rasa sayur atau buah tidak dapat digolongkan dalam kategori sayur dan buah. Contohnya adalah permen, berondong jagung, keripik pisang, dll. Para ahli menganjurkan untuk menyantap minimal 5 jenis buah atau sayuran per hari. Jika kurang suka menyantap buah dan sayur, kita dapat membuatnya menjadi aneka jus yang menarik. Jangan lupa tubuh membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah-buahan, karena itu sayangilah tubuh kita.


2.2.2        Akibat dari Pola Makan Tidak Sehat dan Seimbang
Kemajuan yang terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, banyak menimbulkan perubahan, baik dari gaya hidup maupun pola makan bagi penduduknya. Perubahan gaya hidup dari yang sederhana menjadi serba cepat atau instan menyebabkan banyak orang memanfaatkan kemajuan teknologi di masa kini. Sebagai contoh, untuk efisiensi waktu maka selalau pergi dengan mengendarai motor. Akibatnya tubuh kurang banyak bergerak.
Selain itu, kesibukan yang dihadapi oleh mahasiswa juga menyebabkan mereka hanya duduk belajar, menyelesaikan tugas-tugas, dan menghadapi stress. Pemikiran yang serba instan ini menyebabkan banyak orang melirik ke makanan fast food atau junkfood untk dikonsumsi. Perubahan-perubahan ini dapat dengan mudah memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif di usia muda, yang sangat merugikan generasi penerus bangsa.

2.3      Pengaruh Pola Makan Sehat dan Seimbang bagi Kesehatan
Pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, dengan pola makan yang sehat dan seimbang mahasiswa dapat beraktivitas dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, mahasiswa dapat memiliki konsentrasi tinggi karena kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi secara tepat waktu. Dengan demikian, stamina tubuh serta kinerja otak akan meningkat sehingga, mahasiswa dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik.

2.4      Penerapan pola makan sehat dan seimbang.
Pola makan sehat dan seimbang sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, pedoman sangat diperlukan demi terciptanya pola makan sehat dan seimbang yang diharapkan.
Departemen kesehatan RI menyebutkan bahwa pedoman pola makan sehat untuk masyarakat secara umum yang sering digunakan adalah pedoman Empat Sehat Lima Sempurna, Makanan Triguna, dan pedoman yang paling akhir diperkenalkan adalah 13 Pesan dasar Gizi Seimbang.2

Pengertian makanan triguna adalah makanan sehari-hari harus mengandung:
  1. karbohidrat dan lemak sebagai zat tenaga
  2. protein sebagai zat pembangun
  3. vitamin dan mineral sebagai zat pengatur.
Pedoman 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang menyampaikan pesan-pesan untuk mencegah masalah gizi dan mencapai gizi seimbang guna menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang andal. Garis besar pesan-pesan tersebut seperti dijelaskan oleh Dirjen Binkesmas Depkes RI (1997) antara lain:
  1. 1.      Makanlah makanan yang beraneka ragam, yaitu mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat makanan dalam jumlah dan proporsi yang seimbang menurut kebutuhan masing-masing kelompok (bayi, balita, anak, remaja, ibu hamil dan menyusui, orang dewasa dan lansia).

2Departemen Kesehatan RI, 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang(Jakarta: Depkes,1996), halaman 3.
Benny A. Kodyat, misalnya mengemukakan :
Tiada satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi,yang mampu membuat seseorang untuk hidup sehat. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragam makanan. Makan makanan yang beraneka ragam sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebab kekurangan atau kelangkaan zat gizi tertentu, pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain.3

Jadi, masing-masing makanan dalam susunan anekaragam menu seimbang akan saling melengkapi. Makan makanan yang beranekaragam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur bagi kebutuhan seseorang.
2.  Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. Energi dan tenaga dapat diperoleh dari makanan sumber karbohidrat, lemak serta protein. Energi dibutuhkan untuk metabolisme dasar (seperti untuk menghasilkan panas tubuh serta kerja organ-organ tubuh) dan untuk aktivitas sehari-hari seperti belajar, bekerja serta berolah raga. Kelebihan energi akan menghasilkan obesitas, sementara kekurangan energi dapat menyebabkan kekurangan gizi seperti marasmus.
3.  Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan manis sebaiknya dikonsumsi dengan memperhatikan azas tepat waktu, tepat indikasi dan tepat jumlah.
3Benny A. Kodyat, Panduan Umum Gizi Seimbang untuk Remaja(Jakarta: Jendral Pembinaan Kesehatan Masyarakat,1995), halaman 9.
Makanan ini sebaiknya dimakan pada siang hari ketika kita akan atau sedang melakukan aktivitas dan jumlahnya tidak melebihi 3-4 sendok makan gula/hari.
Karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi bersama makanan yang merupakan sumber unsur gizi lain seperti protein, lemak/minyak, vitamin dan mineral. Seyogyanya 50-60% dari kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat kompleks.
4.  Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Konsumsi lemak dan minyak berlebihan, khususnya lemak/minyak jenuh dari hewan, dapat beresiko kegemukan atau dislipidemia pada orang-orang yang mempunyai kecenderungan ke arah tersebut. Dislipidemia atau kenaikan kadar lemak (kolesterol atau trigliserida) dalam darah merupakan faktor untuk terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Konsumsi lemak/minyak dianjurkan tidak melebihi 20% dari total kaori dan perlu diingat bahwa unsur gizi ini juga memiliki peran tersendiri sebagai sumber asam lemak esensial serta juga membantu penyerapan beberapa vitamin yang larut dalam lemak.
5.  Gunakan garam beryodium. Penggunaan garam beryodium dapat mencegah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY). Namun, penggunaan garam yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena garam mengandung natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya konsumsi garam tidak melebihi 6 gram atau 1 sendok teh per hari.
6. Makanlah makanan sumber zat besi. Makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging banyak mengandung zat besi dan perlu dikonsumsi dalam jumlah yang cukup untuk mencegah anemia gizi.
7.  Berikan ASI saja pada bayi sampai berumur 4 bulan. Untuk dapat memberikan ASI dengan baik, ibu menyusui harus meningkatkan jumlah dan mutu gizi makanannya selama hamil dan menyusui. Makanan Pendamping ASI (PASI) hanya boleh diberikan setelah usia bayi lebih dari 4 bulan dan pemberiannya harus bertahapmenurut umur, pertumbuhan badan serta perkembangan kecerdasan.
8.  Biasakan makan pagi. Makan pagi dengan makanan yang beraneka ragam akan memenuhi kebutuhan gizi untuk mempertahankan kesegaran tubuh dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Pada anak-anak, makan pagi akan memudahkan konsentrasi belajar sehingga prestasi belajar bisa lebih ditingkatkan.
9.  Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya. Air minum harus bersih dan bebas kuman. Minumlah air bersih sampai 2 liter per hari sehingga metabolisme tubuh kita bisa berjalan lancar mengingat air sangat dibutuhkan sebagai pelarut unsur gizi bagi keperluan metabolisme tersebut. konsumsi air yang cukup dapat menghindari dehidrasi dan akan menurunkan resiko infeksi serta batu ginjal.
10. Lakukan kegiatan fisik atau olah raga yang teratur. Kegiatan itu akan  membantu mempertahankan berat badan normal disamping meningkatkan kesegaran tubuh, memperlancar aliran darah dan mencegah osteoporosis khususnya pada lansia.
11. Hindari minum minuman beralkohol. Alkohol bersama-sama rokok dan obat-obatan terlarang lainnya harus dihindari karena dapat membawa risiko untuk terjadinya berbagai penyakit degeneratif, vaskuler dan kanker.
12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. Makanan yang tidak tercemar, tidak mengandung kuman atau parasit lain, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan makanan yang diolah dengan baik sehingga unsur gizi serta cita rasanya tidak rak, merupakan makanan yang aman bagi kesehatan.
13. Bacalah label pada makanan yang dikemas. Label pada makanan kemasan harus berisikan tanggal kadaluwarsa, kandungan gizi dan bahan aktif yang digunakan. Konsumen yang berhati-hati dan memperhatikan label tersebut akan terhindar dari makanan rusak, tidak bergizi dan makanan berbahaya. Selain itu, konsumen dapat menilai halal tidaknya makanan tersebut (Dirjen Binkesmas Depkes RI, 1997






BAB III PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang sangatlah penting khususnya di kalangan mahasiswa yang memiliki aktivitas fisik yang cukup padat. Hal ini dikarenakan jika kita tidak menjaga pola makan kesehatan kita akan terganggu dan penyakit sangat mudah menyerang tubuh kita. Menjaga pola makan sehat bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, konsumsi padi-padian penuh, makan dalam ukuran yang layak, makan secara teratur, seimbangkan pilihan makan anda setiap hari, dan buat perubahan secara bertahap.
3.2    Saran
Penulis menyarankan kepada pembaca khususnya para mahasiswa untuk lebih memperhatikan pola makan dan memperbaiki pola makan yang kurang teratur karena dengan pola makan yang sehat dan seimbang dapat menjaga kesehatan agar aktivitas berjalan lancar. Maka mulai sekarang mari kita merubah pola makan kita menjadi sehat dan seimbang sehingga kualitas diri kita dan masyarakat Indonesia bisa menjadi lebih baik.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Buku
Pollan, Michael. Food Rules Pedoman Bagi Para Penyantap Makanan. Jakarta: Opus, 2008.
Kodyat, B.A., Panduan Umum Gizi Seimbang untuk Remaja. Jakarta: Jendral Pembinaan Kesehatan Masyarakat, 1995.
Departemen Kesehatan RI. 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. Jakarta: Depkes,
1996.

  1. Internet
http://tipsku.info/pengertian-pola-makan/
www.gayahidup.org
www.wikipedia
http://www.tipskesehatankeluarga.com/makanan-sehat-menuju-hidup-sehat.html
http://www.eurekaindonesia.org/makanan-bergizi-seimbang/
http://agungswastika.wordpress.com/kesehatan/makanan-sehat-seimbang/




RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap                    : Kevinti Febrina
Tempat/Tanggal Lahir          : Jakarta 30 Juli 1993
Agama                                  : Islam
Alamat                                  : Inkopad Blok E4/3, Tajurhalang-
Bogor
Pendidikan terakhir              : SMA



Nama Lengkap                        : Isyna Saiidah
Tempat/Tanggal Lahir : Depok 04 Agustus 1993
Agama                                     : Islam
Alamat                                                : Jalan giring-giring 5 No.474 Depok Pendidikan terakhir                 : SMA


Nama Lengkap                        : Hardini Aqrhizna Putri                     Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta 12 Februari 1993
Agama                                     : Islam
Alamat                                                : Jalan Kemang Utara IX no.83
Jakarta Selatan
Pendidikan terakhir                 : SMA


Nama Lengkap                        : Agita Kurniawati
Tempat/Tanggal Lahir            : Depok, 09 Agustus 1993
Agama                                    : Islam
Alamat                                   : Jalan Juragan Sinda Raya no.7
Depok
Pendidikan Terakhir                : SMA


Nama Lengkap                        : Septiafitri Nur Sulistyonindah
Tempat/Tanggal Lahir : jakarta,25 September 1993
Agama                                     : Islam
Alamat                                                :Jalan warga no 3 Pejaten
Jakarta Selatan
Pendidikan terakhir                 :SMA

Kadsha.com

Kadsha.com